Sejarah dan Format Piala Dunia

watch_later

Sejarah Piala Dunia memiliki cerita begitu panjang dan menarik untuk selalu di ceritakan kembali, karena Piala Dunia tidak menceritakan kisah dari Olahraga dan Sportifitas saja tapi Politik, Kedaulatan Negara hingga Perang Dunia ada di dalam Piala Dunia. Berikut adalah kisah singkat ejarah Piala Dunia, Piala Dunia atau yang sering kita dengar FIFA World Cup ini pertama kali di selenggarakan pada tahan 1930, tapi sebelum itu pada tahan 1920 ketua FIFA Jules Rimet memasukan cabang olahraga sepak bola di Olimpiade pada tahun1924 yang di juarai oleh Uruguay.

Sejarah Piala Dunia

Pada tahun 1920an FIFA (Fédération Internationale de Football Association ) dan IOC (Komite Olimpiade Internasional ). Memiliki sebuah rencana memasukan agenda resmi 4 tahunan sekali, namun pada tahun 1928 FIFA dan IOC gagal menyelengarakan tournament tersebut yang bertempat di Hungaria karena hanya di ikuti oleh 4 Negara saja. Lalu Jules Resmit bekerja sama dengan Jendral Sepak Bola Francis (FFF) Henri Delauney untuk menyelengarakan turnamen sepak bola yang lebih besar, lalu pada tahun 1930 mimpi FIFA pun terwujud untuk melaksanakan Piala Dunia yang pertama.

Turnamen yang di selengarakan di Uruguay ini pun bertepatan dengan hari kemerdekaan Uruguay sekaligus sebagai pesta perayaan, Uruguay tidak main – main dalam menyambut Piala Dunia, Uruguay membangun stadion raksasa di ibu kota – Montevideo dengan nama Stadion Centenario dan memiliki kapasitas 95.000 penonton. Pembuatan stadion molor 5 hari setelah pembukaan piala dunia dikarenakan transportasi yang masih susah pada zaman dulu.

Peserta Piala Dunia di wakili dari benua Eropa : Perancis, Yugoslavia, Rumania, dan Belgia. Lalu dari benua Amerika diwakili oleh Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Cile, Bolivia, Brasil, dan Paraguay, Uruguay. Pertandingan pembukaan mempertemukan Meksiko vs Prancis dengan kemenangan telak 4-1 Final Piala Dunia pertama mempertemukan tuan rumah Uruguay dengan Argentina. Yang disaksikan lebih dari 93.000 penonton, di babak pertama Uruguay tertingal 2-1, dan babak kedua tampil beda dengan cara menyerang yang menghasilkan 3 gol pada babak kedua yang membuat score menjadi 2-4 untuk Uruguay dan tampil sebagai juara Pertama Piala dunia.

Piala Dunia rutin diadakan 4 tahun sekali kecuali pada tahun 1942 dan 1946 karena perang dunia II meletus begitu dahsatnya. Lalu pada tahun 1950 Piala Dunia diadakan di Brazil dengan antusias yang luar biasa, dan untuk pertamakalinya Negara Britania sperti Skotlandia, Inggris karena pada tahun 1920 kedua Negara tersebut keluar dari FIFA di karenakan menolak bertanding dengan Negara yang pernah Berperang dengannya yang terjadi pada Perang Dunia I. Dan Turnament yang di selengarakan di Brazil ini dimenangkan kembali oleh Uruguay.

Format Piala Dunia

Format piala dunia terus berkembang dari masa ke masa, sejarah perkembangan sepakbola ini di awali pada tahun 1930 di mana diselenggarakan turnamen akbar ini.
  • Format Terbentuknya Kompetisi
Dari Tahun 1934 hingga 1978 hanya di ikuti tidak kurang dari 18 orang saja yang diwakili dari Afrika, Ocean, Asia dan Amerika. Lalu pada tim 1988 FIFA mengkaji ulang tentang penambahan peserta menjadi 32 orang.
  • Terciptanya nama Piala Dunia atau World Cup
Lalu pada tahun 1930 hingga 1970, Trofi Jules Rimet diberikan kepada tim yang menjuarai Piala Dunia. Trofi ini awalnya hanya dikenal dengan nama Piala Dunia atau Coupe du Monde, namun pada 1946 namanya diganti menjadi Trofi Jules Rimet untuk menghormati Presiden FIFA Jules Rimet.
  • Pencurian Trofi Piala Dunia
Pada 1970, Brasil menyimpan trofi ini secara permanen setelah menjuarai turnamen untuk ketiga kalinya. Namun, trofi tersebut dicuri pada tahun 1983 dan tak pernah ditemukan, dan kemudian diketahui bahwa trofi tersebut telah dilebur oleh sang pencuri. Beruntung adalah seekor anjing bernama Pickles, yang memecahkan persoalan rumit tersebut, satu minggu setelah kasus pencurian itu. Binatang yang memiliki penciuman paling tajam ini mengendus keberadaan trofi tersebut di sekitar semak belukar di Norwood, London Selatan. Ternyata benar, setelah diperiksa ternyata trofi tersebut dibungkus dengan kertas koran. Yang kembali diamankan oleh FIFA.

Dan saat ini Piala Dunia 2010 berada pada genggaman spanyol yang memenangi World Cup 2010 Di Afrika Selatan dengan mengalahkan Belanda. Jadwal piala dunia 2014 akan di gelar di tanggal 12 Juni 2014 dan akan di mainkan di Brasil, partai puncak akan dilakukan pada tanggal 13 Juli 2014.