Webcam Peringatkan Tubuh Agar Tetap Tegak

watch_later

Jakarta - Kebiasaan duduk yang salah dengan punggung membungkuk tak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan, efeknya bisa berpengaruh pada kesehatan. Kini, bukan kaum ibu saja yang kerap memperingatkan anaknya agar duduk dengan postur tubuh tegak. Webcam pun kini bisa mengawasi Anda supaya tidak bungkuk.

Para peneliti dari Ben-Gurion University di Negev, Israel, mengembangkan metode pelatihan baru yang menggunakan pencitraan webcam untuk memberitahu para pekerja yang duduk di depan komputer agar posisi punggung mereka tetap tegak.

"Sistem kami menyediakan feedback berkelanjutan bagi para pekerja, mengenai kebiasaan bekerja mereka," kata Meirav Taieb-Maimon yang memimpin penelitian ini.

Dijelaskannya, sistem ini mendeteksi posisi tubuh pengguna yang tengah duduk di depan komputer. Selanjutnya, ketika posisi tubuh terdeteksi mulai membungkuk, sistem akan memberi peringatan secara real time dengan menampilkan pop up foto si pengguna di layar komputer. Webcam akan terus memonitor selama si pengguna duduk di depan komputer.

Dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (5/8/2011), melalui penelitian selama enam minggu yang dilakukan pada para pekerja di 60 universitas dan rumah sakit, metode menggunakan pop-up foto dari webcam dan pelatihan ergonomic dengan cara tradisional sama-sama memberi manfaat bagi perbaikan postur tubuh.

Metode menggunakan webcam ini bisa memberi peningkatan perbaikan postur tubuh dalam jangka panjang. Cara ini pun terutama memberi dampak paling baik pada wanita.


Sumber :



sentiment_satisfied Emoticon