Mainan Orang Jepang : U3-X, Sepeda Listrik Beroda Satu

watch_later

Jepang memang biangnya inovasi teknologi alat elektronik, apa lagi yang berbau-bau robot. Dan, ini contoh terbaru inovasi buatan Jepang, sebuah sepeda listrik beroda satu (‘mechtronic‘ unicycle) unik yang diberi nama U3-X (ada juga yang menamakannya UX-3). Apa yang menarik dari ‘mainan’ baru buatan Honda ini?

Yang pertama, tentu saja adalah rodanya yang cuma satu. Tapi itu mungkin bukan sesuatu yang terlalu istimewa juga, karena sepeda roda satu sudah lama ada, walau pun biasanya hanya bisa dipakai oleh orang yang jago akrobat atau pemain sirkus.

Jadi apa istimewanya?


Bisa Berdiri Tegak dan Nggak Bisa Jatuh

Yang istimewa dari UX-3 ini adalah, pemakainya (pengemudinya) tidak perlu menyeimbangkan diri untuk bisa mengendalikan kendaraan kecil ini, walau pun rodanya cuma satu. Kok bisa?

Iya, entah teknologi apa yang digunakan Honda (sebelumnya pernah membuat robot Asimo), bukan sulap bukan sihir, soalnya alat ini bisa berdiri tegak dengan sendirinya setelah beberapa detik begitu posisi pengisian baterai alat ini dilepas. Dan, alat ini diklaim hampir tidak mungkin jatuh, selama baterainya belum habis. Wuih….

Bergerak Ke Samping dan Ke Belakang

Terus, ada lagi yang istimewa. Untuk mengendalikannya, kita hanya perlu mencodongkan badan ke arah yang ingin kita tuju, selanjutnya alat ini akan menterjemahkan kecenderungan berat badan akibat kemiringan tubuh tersebut menjadi arah gerakan. Dan, nggak seperti sepeda normal, UX-3 ini bisa bergerak ke samping dan ke belakang. Pokoknya mengikuti arah condong badan kita.



sentiment_satisfied Emoticon