Fenomena Tanah Longsor Terbesar Di Dunia

Fenomena tanah ambles biasanya terjadi tiba-tiba, walaupun hanya dikenal di tempat-tempat tertentu yang rawan ambles, fenomena ini telah terjadi di seluruh dunia. 

Awalnya ditandai dengan bocornya pipa-pipa ledeng yang berkarat, itu menandakan tanah berpijak kita sedang ambles pertahan, dan suatu hari nanti wuuusss! Bangunan-bangunan diatasnya akan tersedot kedalamnya dan jalan-jalan akan hancur. 

Tapi ada juga yang amblesnya bersifat alami bukan karena campur tangan manusia dan hasilnya sangat indah dan menakjubkan. Aneh tapi nyata, inilah beberapa fenomena tanah ambles terbesar di dunia.
1. Qattara Depression
Longsor 

Dia Qattara, barat Kairo, Mesir, terdapat tanah ambles terbesar di dunia yang meninggalkan lubang besar dengan panjang 175 mil/280 km dan lebar 90 mil/140 km. Lokasi di sini seperti hilang ditelan bumi dan ukurannya sangat mengejutkan.
Longsor 

Lubang yang bagian paling dalamnya berada 134 meter di bawah laut itu pernah digunakan dalam perang dan belakangan para ilmuwan mencoba untuk membangun proyek senilai 360 juta dollar (3,8 triliun) yang memanfaatkan Qattara untuk melengkapi ketersediaan energi mandiri. Rencana ini mengharuskan digalinya parit dari ujung Qattara menuju laut Mediterania sehingga air akan mengaliri lubangnya melalui terowongan. Pada akhirnya (setidaknya 160 tahun ke depan) danau baru akan menyaingi ukuran danau Eerie; di sini panasnya gurun pasir akan menguapkan tambahan aliran air. Mesir adalah tempatnya sejumlah tanah ambles di gurun pasir. Tapi yang paling tidak bisa dipahami adalah fenomena 100% alami di lubang Qattara ini. Qattara merupakan hasil dari erosi angin atau badai angin yang menggerus lapisan atas hingga ambles ke lapisan sumber airnya.
2. Berezniki
Longsor

Lubang Berezniki di Rusia mulai muncul di tahun 1986 dan terus tenggelam tiap tahunnya tanpa bisa dihentikan. Saat ini sudah mencapai kedalaman 200 meter dengan panjang 80 meter dan lebar 40 meter. Kalau ada yang pernah mendengar Berezniki mungkin tahu disinilah pemasok 10% kebutuhan dunia akan potash (garam abu/kalium karbonat) dan lubang ini mengancam jalur rel kereta di area pertambangannya.
Longsor 

3. Guatemala City
Penghuni di Guatemala City suatu saat pernah mendengar gemuruh aneh selama berminggu-minggu tapi tidak yakin apa yang sebenarnya sedang terjadi di sekitar mereka. Kemudian pada akhir bulan Februari 2007, bumi tempat mereka berpijak tiba-tiba ambles ke bumi! Sebuah lubang yang hampir berbentuk lingkaran sempurna tercipta seketika dengan membawa serta semua yang ada diatasnya termasuk sekitar 1000-an manusia yang kemudia berhasil dievakuasi. Dua diantaranya tewas. Bencana ini disebabkan oleh runtuhnya sistem pengairan yang berada di bawah permukaan tanah.
Longsor

Lubang yang tercipta disebabkan kondisi geologis yang berubah karena kesalahan pemeliharaan sistem pengairan dan pipa-pipa bawah tanah yang sudah uzur, tapi faktor umum yang biasa menyebabkannya adalah air. Bumi yang berpijak di atas lapisan batu carbonate akan terkena erosi karena aliran air yang terus menerus. Batuan itu akan terkikis dan lapisan-lapisannya akan terisi dengan air dan pada akhirnya menciptakan keadaan yang rawan ambles.
4. Sarisarinama
Longsor

Lubang-lubang Sarisarinama di Venezuela ini adalah satu keajaiban alam yang misterius dan juga indah. Ada beberapa lubang berbentuk lingkaran yang diameternya mencapai 350 meter dan kedalaman lebih dari 350 meter. Para ilmuwan tidak yakin bagaimana lubang-lubang ini terbentuk pada awalnya.
Longsor

Tiap lubang memiliki ekosistem yang unik dengan banyak tumbuhan dan spesies hewan yang tidak ditemui di belahan bumi lainnya.
Longsor 



5. Bimmah
Longsor

Bimmah adalah nama dari salah satu lokasi fenomena alam dahsyat yang aneh ini. Penduduk di sini, Oman, menjadikan lubang besar ini sebagai tempat wisata (lebih tepatnya, taman atau kolam renang).
6. Mount Gambier
Longsor

Dikenal sebagai kota kawah, Mout Gambier (berlokasi di antra Adelaide dan Melbourne di Australia Tenggara) punya banyak hal menarik seperti danau, goa, dan lubang-lubang dalam tanah. Kota ini memiliki baik kawah-kawah vulkanik maupun lubang-lubang besar alami yang berisikan air sehingga membuat kota ini cantik.
7. Rumah yang Kurang Beruntung di Florida
Longsor 



Steve Kluge membuat daftar gambar-gambar menarik yang berhubungan dengan geologi dan bencana alam. Ini adalah rumah yang kurang beruntung dan tenggelam di Florida. Tanah ambles adalah salah satu masalah klasik di Florida selain banjir dan badai.
8. Agrico Gypsum Stack
Longsor 

Florida sudah lama dihantui oleh longsor tanah ambles, tapi bencana yang satu ini adalah salah satu yang paling besar. Tanah yang ambles ini berada di bawah tumpukan gypsum (sampah industri beracun) seberat 80 juta ton. Bahan berbahaya ini mengkontaminasi 90% air minum di Florida dan upaya pembersihannya menelan biaya jutaan dollar. Lubang bervolume 2 juta kaki kubik ini nantinya diberi nama “Journey to the Center of the Earth” dan dikenal sebagai salah satu objek hiburan dari produk Disney World.
9. South Florida
Longsor 



Karst (satu jenis lapisan batu) di satu kota di Florida Selatan mengalami penurunan dan menghasilkan lubang di tanah yang cukup besar.

10. Lubang Bumi Setan
Longsor 



Kedalamannya memang cukup “mengerikan” yaitu mencapai 400 kaki, inilah “lubang setan” di Texas . Mulut lubang ini berukuran 40 x 60 kaki dan terdapat bukti arkeologi bahwa tempat ini pernah dikeramatkan oleh orang asli Amerika. Penduduk setempat biasa menemukan anak-anak panah, stalaktit, dan harta karun lainnya dari lubang besar ini.
11. Macungie
Longsor 



Kadar air yang sedang sebenarnya membantu “menyelamatkan” tanah tempat berpijak kita, jika tidak, tentu saja kita tidak akan bisa membangun apapun di atasnya karena akan mudah tererosi. Tetapi, jika lapisan tanah ini menjadi perangkap air yang besar, resikonya adalah ambles. Jika tanah ambles secara alami mungkin bisa dimaafkan bahkan menciptakan suatu keajaiban alam yang indah, tapi kalau itu disebabkan oleh manusia itu sendiri, tentu saja sangat buruk akibatnya. Amblesnya tanah Macungie di Pennsylvania di atas membuat Florida merugi besar. Di Pennsylvania sistem pengairan bawah tanahnya sudah uzur dan fenomena tanah ambles menjadi bertambah umum.
12. Bowling Green
Longsor 

Rencana dibangunnya Kentucky Trimodal Transpark segera dibatalkan saat terjadi tanah ambles seluas 200 kaki di Bowling Green , Kentucky . Di daerah ini memang dikenal rawan tanah ambles dan setiap saat bisa terjadi hal seperti ini lagi. Ini membuat pembangunan di seluruh area di sini sangat beresiko.
13. Daisetta
Longsor 

Di Daisetta, Texas belum lama ini (Mei 2008), yang diawali oleh amblesnya tanah selebar 20 kaki di satu daerah pemukiman, menjadi meluas hingga 900 kaki dengan kedalaman 100 kaki dalam sehari dan menelan tiang-tiang telpon, bangunan-bangunan dan kendaraan. Pemerintah setempat telah meneliti kemungkinan kebocoran pada jalur-jalur minyak dan gas alam di situ. Endapan minyak dan lumpur yang ditimbulkan turut membahayakan beberapa rumah tinggal di dekatnya.
Longsor 



14. Amblesnya Montrose Avenue
Longsor 

Tanah ambles selebar 80 kaki dengan kedalaman 15 kaki terjadi di tengah Montrose Avenue . Jalan raya ini akhirnya ditutup selama dua minggu pada awal Januari tahun lalu.
Disclaimer : Artikel, gambar ataupun video yang ada di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut.