Mobil Ini Mampu Tempuh 64 Km Tanpa Bensin

watch_later
General Motors menyatakan mobil listrik ciptaannya, Chevrolet Volt, bisa berjalan sejauh 64 kilometer tanpa menggunakan bensin. Perjalanan sejauh itu hanya memerlukan listrik yang disimpan di baterainya.

Dalam keterangan yang diterima VIVAnews, Volt baru akan menggunakan mesin bensin setelah melewati 64 kilometer. Itu pun hanya untuk mengisi baterai, bukan untuk menggerakkan roda seperti mobil hibrida yang lain.


Saat di rumah, untuk mengisi baterai lithium-ion berdaya 16-kWh sangat mudah. Tinggal mencolokkan ke listrik. Hanya butuh tiga jam sampai baterai terisi penuh, bahkan lebih singkat jika daya baterai belum habis total.

Dengan hanya bertumpu pada baterai, Volt mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 dk dan torsi 370 Nm. Tenaga ini mampu menggerakkan Volt hingga kecepatan 161 kilometer per jam.

GM berhasil menyelesaikan pengembangan mobil komuter hanya dalam tiga tahun. Lebih cepat dari rencana semula, 8-10 tahun. Dalam sebuah tes yang dilakukan GM, akselerasi Volt 0-100 kilometer per jam dapat ditempuh dalam 9 detik.

Demi mencapai target jelajah sejauh 64 km tanpa bensin dan emisi, GM harus memaksimalkan desain rancang bangun Volt. Karena itu, para desainer GM menghabiskan ratusan jam di lorong angin (wind tunnel) untuk pengujian bagian-bagian bodi. Mulai panel di bodi depan, spoiler belakang, hingga spion luar.

”Chevy Volt adalah hasil desain rancang bangun kendaraan beraerodinamika terbaik yang pernah dihasilkan GM,” klaim Rick Wagoner, Chairman dan CEO GM.



sentiment_satisfied Emoticon