Tablet Kuno Ungkap Canggihnya Matematika Babylonia

watch_later

Sebanyak 13 tablet Babilonia kuno yang dipamerkan di New York mengungkap matematika praktis dan canggih telah berkembang di Babel 1.000 tahun sebelum Thales dan Pythagoras.

Pameran Culture of Old Babylonian Mathematics dibuka di Institut for the Study of the Ancient World New York University. Tablet yang ada di pameran ini diperkirakan berasal dari Periode Babilonia Lama (1700-1900 SM).

Jennifer Chi, dari pameran ISAW dan program publik menyatakan, dengan menunjukkan kekayaan dan kecanggihan matematika Mesopotamia kuno sebelum Pythagoras, akan menambah dimensi penting pengetahuan masyarakat tentang sejarah budaya bersejarah dan pencapaian Irak di masa kini.

Alexander Jones dari ISAW mengatakan, bukti matematika kuno Babel sangat menakjubkan. Hal ini dikarenakan dokumen-dokumen itu sebenarnya naskah ahli-ahli Taurat, bukan salinan terpilih dan tersunting generasi selanjutnya. Kami merasa seolah melihat mereka sedang bekerja, bahkan melihat mereka bingung.

Tablet sebelum Pythagoras ini mencakup spektrum kegiatan matematika, mulai dari tabel aritmatika yang saat ini diklasifikasikan sebagai teori bilangan dan aljabar.



sentiment_satisfied Emoticon