Snookball, Bermain "Billiard" ala Sepakbola

watch_later
Permainan kreasi orang Perancis ini memakai peraturan standar billiard dengan arena sama persis namun stick diganti dengan kaki.
Snookball

Sama-sama pakai bola, tapi pernahkah Anda berpikir billiard dan sepakbola bisa disatukan dalam satu permainan? Itulah yang dinamakan dengan SnookBall.

Ya, SnookBall menggunakan arena mirip dengan billiard lengkap menggunakan alas warna hijau khas meja bola sodok tersebut. Bola yang ditendang memiliki jumlah dan bentuk sama persis dengan billiard. Sedangkan gawangnya adalah lubang di keempat sudut "meja".

Tak hanya bentuknya, peraturan SnokBall pun sama dengan billiard yang bedanya hanya pakai kaki sebagai pengganti stick. Bolanya juga lebih ringan dan hanya yang putih lebih berat dari lainnya.

Pencetus ide nyeleneh mengawinkan sepakbola dan billiard ini adalah duo asal Perancis, Aurelien and Samuel. Aslinya SnokBall dibuat untuk 2 pemain tapi arenanya bisa memuat 4 orang untuk satu sesi permainan. Variasi permainannya adalah terdiri dari 8 atau 9 pemain.

Dalam game 8 orang, pemain yang mendapat boal pertama harus memilih bola bergaris atau warna polos. Kemudian bola-bola (9-15 buah) disusun menjadi segitiga dengan bola nomor 1 di atas dan nomor 8 di tengah baris ketiga. Permainannya adalah tiap pemain mencoba mengolkan semua bola.

Pemain dinyatakan kalah bila bola nomor 8 digolkan sebelum semuanya habis, atau ketika yang putih digolkan setelah yang nomor 8 dimasukkan lubang. Ini merupakan peraturan standar billiard tapi juga bisa disesuaikan keinginan pemain.

(via wowkeren)